Berita Konsilium November 2020

This image has an empty alt attribute; its file name is Untitled-design-edited.jpg

Pandemi Covid-19 telah melumpuhkan kehidupan manusia. Namun demikian, Legio Maria di mana pun berada, tetap berusaha untuk merasul. Berikut ini beberapa cerita dari para legioner di negara maju dan berkembang. Sumber : https://www.legionofmary.ie/


FILIPINA

Senatus Manila: Rapat dilakukan via aplikasi Zoom dengan kehadiran mencapai 100 orang dan anggota-anggota dari Guam juga bergabung. Senatus mendorong para legioner agar selalu mentaati protokol kesehatan untuk mendukung paroki mereka. Roh dan semangat para legioner terlihat hidup dan terjaga. Dalam rangka persiapan ulang tahun Legio Maria ke-100, Senatus menyelenggarakan talkshow kedua melalui web dengan judul “Frank Duff Hamba Allah” yang dibawakan oleh Misionaris Montfort tentang betapa penting dan relevan, serta hubungan Legio Maria dengan Bakti Sejati kepada Maria menurut St. Louis Marie de Montfort.


AUSTRALIA dan NEW ZEALAND

Senatus Auckland: Rapat diselenggarakan via Zoom ketika rapat tatap muka tidak dapat dilaksanakan. Saat ini rapat Senatus sudah kembali diselenggarakan dengan mengurangi jumlah kehadiran. Para legioner menelpon orang-orang tua untuk menginformasikan perkembangan paroki selama masa lockdown. Pada bulan Juli, 32 orang berusia 6 sampai 17 tahun menghadiri Hari Bermain dan Berdoa bagi para junior dan anak-anak sekolah. Sebuah presidium melaksanakan pentahtaan Patung Hati Kudus di 30 rumah.

Senatus Sydney: Rapat diselenggarakan dengan pengurangan jumlah kehadiran. Karya sebelum lockdown berupa pengajaran katekese ke 12 sekolah negeri, kedai buku, pembaptisan, persiapan perkawinan, kontak di jalan, pentahtaan Patung Hati Kudus, serta kunjungan ke penjara. 10 patung rosario digunakan dalam kunjungan rumah dan Komuni Kudus dibawa ke rumah-rumah perawatan.

Komisium Bunda Allah di Dili – Timor Leste yang memiliki 5 Kuria dan 35 presidium dengan total 483 anggota, serta 6 presidium junior dengan 110 anggota menyelenggarakan Misa bagi Hamba Allah Alfonsus Lambe. Senatus sedang merencanakan perayaan 100 tahun Legio Maria, retret sehari penuh berhasil diselenggarakan, dan para legioner membantu pengarsipan ketika mereka tidak dapat melakukan karya Legio Maria biasanya.

Komisium Noumea: di Kaledonia Baru di kepulauan Pasifik. Rapat Legio hanya berhenti untuk 1 bulan. Dua perwira Komisium mengunjungi pulau Wallis yang berjarak 2,101 kilometer, mereka mengunjungi 5 presidium dalam sebuah kuria, serta Bapak Uskup Wallis dan Futuna.


AMERIKA SELATAN


PARAGUAY

Senatus Asuncion: Senatus mengadakan rapat kembali di bulan September setelah vakum sejak Februari. Selama lockdown Senatus tetap melakukan kontak secara berkesinambungan ke dewan dan presidium yang tergabung dan memanfaatkan kesempatan ini untuk menginformasikan kehidupan Frank Duff kepada para legioner. Mereka mendorong dibentuknya kelompok-kelompok doa bagi Frank Duff. Beberapa dewan dan presidium yang tergabung melakukan rapat virtual. 16 seminaris mengucapkan Janji Legio. Pada 7 September, Pemimpin Rohani Senatus merayakan Misa untuk menandai berdirinya Legio Maria.


PERU

Senatus Lima: Rapat diselenggarakan secara virtual. Banyak legioner yang tidak memiliki teknologi atau internet untuk mengikuti rapat. Pemimpin Rohani jika tidak dapat mengikuti rapat akan mengirimkan pesan suara. Karya kerasulan secara umum terbatas pada kontak anggota auksilier/ keluarga/ teman. Legioner muda menjadi lektor pada misa online dan membantu persiapan sakramen. Mereka juga mengunjungi rumah-rumah dengan membawa gambar Bunda Maria tetapi tidak masuk ke rumah itu. Mereka juga mengunjungi pemakaman dan berdoa di luar. Uskup Agung Arequipa menjumpai mereka secara virtual setiap Sabtu pagi. Dalam rangka persiapan 100 tahun Legio Maria, sebuah novena kepada Hati Kudus Yesus dan Maria diselenggarakan oleh 320 legioner. Workshop virtual mengenai spiritualitas Legio Maria dihadiri oleh 200 orang. Pemimpin Rohani Senatus merayakan misa ulang tahun Legio Maria pada 7 September dan Triduum bagi Frank Duff dilaksanakan pada 5 – 7 November.


VENEZUELA

Senatus Caracas: Senatus tetap melakukan kontak dengan dewan-dewannya melalui Zoom. Pada 7 September sebuah Misa umum secara virtual dirayakan di Caracas yang dipimpin oleh Pemimpin Rohani Senatus. Perayaan ini berlangsung meriah dan mereka berharap dapat menarik anggota baru karena banyak legioner dan non legioner yang menyaksikan.


COLUMBIA

Senatus Bogota: Rapat Senatus bulanan diselenggarakan secara virtual dengan tim koresponden. Mereka tetap berhubungan dengan dewan-dewan tergabung melalui email. Rapat Senatus bulan November dilakukan secara tatap muka dengan kehadiran yang dikurangi dan pada rapat ini akan diselenggarakan pemilihan tiga perwira. Para anggota muda dari Regia Cartagena menyelenggarakan Rosario di taman dengan menggunakan pengeras suara. Pemimpin Rohani Regia Tunja menyelenggarakan talkshow online tentang Maria dimana beberapa Uskup menjadi pembicaranya. Mantan Pemimpin Rohani Senatus, Rm. Alfredo, seorang imam Montfortan, menyelenggarakan konsekrasi kepada Yesus melalui Maria menurut Bakti Sejati kepada Maria secara online, banyak legioner mengambil bagian termasuk beberapa legioner dari Panama. Karya Legio menjadi terbatas, beberapa legioner melakukan kontak telepon, yang lainnya memberikan katekese virtual untuk sakramen Komuni Pertama dan Penguatan.

Senatus Medelin: Rapat Senatus diselenggarakan secara virtual. Pada perayaan ulang tahun Legio Maria yang ke 99, Misa secara online disiarkan oleh Channel TeleVid dan diulangi dua kali pada hari itu agar banyak orang yang dapat mengikuti. Regia Rio Negro dan Calis melaksanakan sesi workshop virtual yang dihadiri oleh para imam.


IRLANDIA

Komisium Carlow: Berpartisipasi dalam Rosario virtual 24 jam yang diikuti oleh 72 orang termasuk non legioner dan 4 imam, Kuria Laois dengan 24 partisipan, Kuria Kildare 124 partisipan, termasuk beberapa non legioner. Di awal musim panas mereka menyelenggarakan Doa Siang Hari secara virtual untuk para anggota yang dipimpin oleh Rm. John McEvoy. Doa ini sebagai pengganti retret tahunan yang tidak dapat dilaksanakan karena pandemi. Komisium juga melakukan outing secara virtual dimana Rm. McEvoy menjelaskan beberapa tempat yang menarik.


AFRIKA


MESIR

Senatus Mesir: Melaksanakan rapat secara virtual selama lockdown. Perayaan ACIES dilakukan secara virtual melalui aplikasi Zoom. Rapat-rapat presidium umumnya telah kembali normal dengan memperhatikan protokol kesehatan. Namun, aktivitas apostolik dan kunjungan masih belum dapat dilaksanakan. Doa Rosario disiarkan setiap minggu melalui Pusat Media Katolik Youtube dan Facebook oleh presidium di Cairo dan Alexandria. Senatus diundang untuk berbicara mengenai Legio Maria pada sebuah episode khusus Radio Maria yang disiarkan secara langsung ke Gereja Katolik Koptik.


ANGOLA

Senatus Luanda: Luanda dan beberapa daerah di utara Angola mengalami lockdown karena Covid19 dan aktivitas Legio dihentikan kecuali bentuk-bentuk doa. Tidak ada rapat Senatus. Pada beberapa keuskupan dimana situasi Covid19 lebih baik, rapat-rapat presidium dan dewan tetap dilaksanakan. Ketua Senatus menyiarkan berita kematian seorang legioner yang telah melayani dengan begitu lama, Francisco Félix José Maria pada 9 Agustus 2020. Beliau telah berkontribusi besar dalam pengembangan Legio Maria di Angola.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *