Homili Misa Tahunan Senatus 2020 : Allah Turut Berkarya Bersama Kita

Oleh : Mgr. Paskalis Bruno, OFM


Allah turut bekerja dalam segala sesuatu yang mendatangkan kebaikan. Dan kita semua diajak untuk mempersiapkan 100 tahun legio dengan kesatuan ini : bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu yang mendatangkan kebaikan bagi sesama.

Di tengah kehidupan kita, ada banyak orang yang berusaha mendatangkan kebaikan bagi sesama. Apakah kita para legioner tetap setia melakukan karya-karya yang mendatangkan kebaikan bagi sesama?

Kita tidak pernah berjuang sendirian karena Allah turut berkarya dalam perjuangan kita. Dan Bunda Maria menjadi model teladan hidup bagi kita karena Bunda Maria mengalami sendiri penyertaan Allah dalam hidupnya.

Setidaknya, ada tiga titik dalam hidup Bunda Maria di mana Allah menyertainya:

    1. Bunda Maria adalah orang istimewa yang dipercaya Allah dalam tugas penyelamatan. Maka legioner harus lah menjadi militan dalam imannya untuk melakukan kebaikan bagi sesama.
    2. Bunda Maria membesarkan Yesus dari Nazaret, dan Allah berkarya dalam membimbing Bunda Maria untuk membesarkan Yesus.
    3. Yesus sendiri dari salib mempercayakan murid-murid-Nya kepada Bunda Maria, dan dengan demikian Bunda Maria menjadi Bunda bagi kita semua.

Perayaan 99 tahun legio diharapkan dapat meneguhkan iman dalam memperkuat keyakinan kita, bahwa Allah hadir dalam karya penyelamatan yang mendatangkan kebaikan bagi sesama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *