Berita Konsilium September 2020

Pandemi Covid-19 telah melumpuhkan kehidupan manusia. Namun demikian, Legio Maria di mana pun berada, tetap berusaha untuk merasul. Berikut ini beberapa cerita dari para legioner di negara maju dan berkembang. Sumber : https://www.legionofmary.ie/


PERANCIS

Senatus Paris: rapat ditangguhkan sejak Maret – Juni. Sebagai salah satu persiapan 100 tahun Legio Maria, Senatus meminta setiap presidium menuliskan kisah mengenai orang-orang luar biasa/ berperan penting yang mereka temui di Legio Maria, rahmat yang mereka terima melalui perantaraan Frank Duff, dan peristiwa penting seperti pertobatan. Artikel tersebut akan dikumpulkan dalam bentuk booklet untuk menandai 100 tahun Legio Maria.


Kuria Orang Vietnam: Kuria ini terdiri dari 7 presidium dengan 73 anggota aktif, 5 percobaan, 178 auksiler, 18 pretorian, dan 60 ajutorian. Sebuah presidium dengan 3 anggota rohaniwan melakukan kunjungan orang sakit dan merawat orang disabilitas. Seorang Katolik yang kurang taat memutuskan anaknya untuk dibaptis setelah dia mendapatkan medali wasiat. Dia sangat berterimakasih atas waktu dan pendampingan legioner selama ini. Selain itu, sebuah presidium yang beranggotakan 12 orang lansia menjalankan karya legio dengan membantu membagikan komuni di gereja dan mendorong pasangan yang telah hidup bersama untuk menerima Sakramen Perkawinan.


BELGIA

Kuria Namur: terdiri dari 4 presidium dengan 12 anggota aktif dan 71 auksilier. Walau jumlah anggota sedikit, tetapi tiap presidium melakukan karya kerasulan yang baik.


DUBLIN UTARA

Kuria Betlehem: terdapat laporan tahunan dari 1 presidium yang terdiri dari 5 anggota aktif dan 3 auksilier. Mereka membagikan dan menjelaskan arti medali wasiat kepada banyak orang yang lewat di jalan, mendorong banyak orang murtad untuk kembali pada iman Katolik, mendengarkan para tunawisma yang menceritakan berbagai masalah mereka. Selain itu, terdapat seorang pemuda Muslim yang menjadi Katolik, dia menerima hadiah Medali Wasiat dan mendengarkan legioner bercerita tentang Gereja Katolik. Pertemuan setiap 3 bulan untuk mempromosikan Frank Duff sudah dilaksanakan. Legioner mendampingi seorang wanita muda Filipina yang sakit dan hidup sendiri tanpa keluarga, mulai ia sakit hingga menjelang kematiannya.


INGGRIS

Regia Brentwood, London: pertemuan Legio Maria belum dapat dimulai karena banyak gereja belum dibuka. Regia terus memantau situasi. Ketua Regia mengadakan kontak dengan Kuria dan Komisium, mengirimkan refleksi rohani mingguan kepada mereka untuk dibagikan kepada presidium untuk meneguhkan hati.


THAILAND

Pemimpin Rohani terus memotivasi legioner. Legioner mengadakan kontak dengan orang yang sering tidak hadir dalam misa, mendoakan ibadat arwah, dan mengajarkan katekese pada narapidana bersama para biarawati.


VIETNAM

Komisium dan Kuria melaporkan, bahwa setiap dewan Komisium/ Kuria menyimpan catatan jumlah laporan, kapan dewan dibentuk dan wilayah yang dikelola termasuk deskripsi tentang wilayah tempat kerjanya. Semua dewan melaksanakan karya kerasulan yang sangat baik membawa banyak orang kembali ke imannya.

Terdapat 1 komisium dengan 14 presidium senior dan 4 presidium junior. Kuria memiliki 1513 anggota senior dan 337 anggota junior, 482 pretorian, 4024 auksilier, dan 496 ajutorian. Dewan ini membantu membereskan perkawinan 144 pasangan dan 16 orang dibantu untuk menghindari aborsi. Pada awal Juli 2020, ada 20% yang masih mengadakan pertemuan tetapi pada akhir Juli tidak ada pertemuan yang diizinkan.


MEKSIKO

Terdapat 2 Senatus dan 5 Regia yang tergabung langsung dengan Konsilum di negara ini. Seluruh Meksiko saat ini sedang lockdown dan hampir semua dewan dapat mengadakan rapat virtual dengan sukses. Mereka mendaraskan doa Legio, bacaan rohani, dan alukosio, serta laporan singkat dari masing-masing dewan tergabung tentang pengalaman dalam menjalankan karya kerasulan. Sebagian besar dewan mengadakan Misa atau Misa Triduum untuk memperingati 99 tahun Legio Maria. Lalu melanjutkan rencana persiapan 100 tahun Legio Maria.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *